Berapakah Masa Aktif Domain Itu?

berapakah masa aktif domain

Nama domain adalah identitas dari situs website Anda. Oleh karena itu keberadaannya sangatlah penting. Nama domain dapat berasal dari nama Anda atau nama bisnis Anda. Sehingga domain dapat menjadi brand yang dapat Anda andalkan di dunia internet. Pada artikel kali ini kita akan membahas sesuatu yang membuat Anda perlu mengerti Berapakah Masa Aktif Domain Anda.

Sama hal nya dengan hosting, domain juga memiliki masa aktif. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan masa aktif domain Anda. Sehingga mencegah agar domain Anda expired yang membuat peluang orang lain untuk mendaftarkan domain Anda pada website mereka.

Secara default, masa aktif minimal domain adalah 1 tahun dan harus terus diperpanjang untuk kelipatan 1 tahun ke depan agar tidak expired dan terhapus dari daftar registrar. Apabila domain Anda expired dan terhapus dari daftar registrar maka dapat diaktifkan kembali oleh orang lain. Sayang sekali bukan? Apalagi jika domain Anda sudah terkenal dan memiliki banyak backlink berkualitas.

Namun sebelum domain Anda dapat diorder oleh orang lain pada saat masa domain expired, ada masa dimana domain Anda belum bisa diregistrasi oleh orang lain. Masa atau periode ini yang disebut sebagai siklus masa aktif nama domain.

Berikut adalah gambar siklus domain yang harus Anda pahami agar domain Anda selalu aktif:

Berapakah Masa Aktif Domain

Penjelasan:

Expired atau Auto Renewal Period 40Hari)
  • Status domain: renew period
  • Auto Renewal Period, disetup 35-40 hari dari tanggal domain expired; (tanggal berakhir domain + 35 hari)
  • Dalam periode 35-40 hari ini domain Anda masih dapat diperpanjang;
Redemption Period (30 Hari)
  • Status domain: pending delete;
  • Redemption Period, disetup 30 hari sejak tanggal berakhir masa auto renewal (tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period)
  • Domain tidak dapat diakses dan telah dihapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini domain hanya dapat diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya normal; caranya dengan mengajukan permintaan restore ke registrar domain.
Pending Delete (5 Hari)
  • Pending Delete, di-setup 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption period. (tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete)
  • Pada tahapan ini, tidak mungkin bagi pemilik domain dalam melakukan perpanjangan (renew atau restore).
  • Domain tersebut akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir.
  • Pendaftaran domain melalui persyaratan dan first come first served atau pendaftaran domain baru.

Demikianlah artikel pada kali ini, jadi berapa lama masa aktif domain kamu sekarang? 🙂

#JDA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*