Pembahasan Lengkap Tentang Web Hosting

Pada masa dimana teknologi sangat berkembang pesat seperti sekarang ini, istilah website tentunya sudah sangat dekat sekali dengan masyarakat. Banyak sekali pemanfaatan dari website dalam kehidupan sehari. Namun ternyata banyak juga para pengguna website yang tidak mengetahui struktur dari website itu sendiri. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang dasar dari website yang di mulai dengan pengenalan tentang apa sebenarnya web hosting itu.

Pengertian Web Hosting

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Perusahaan Hosting seperti Dobelhost menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.

Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

Share Hosting

Share Hosting adalah layanan hosting dimana pada satu server diletakkan beberapa akun hosting. Dalam kata lain Satu buah server digunakan secara bersama-sama. Jika diibaratkan kedalam kehidupan, paket ini diibaratkan seperti sebuah kos. Dimana dalam satu rumah atau bangunan di huni oleh beberapa orang pada kamarnya masing-masing.Para penghuni kos akan berbagi seluruh fasilitas pada bangunan tersebut. Sama dengan Share Hosting, para pengguna juga harus berbagi Resource atau sumber daya server.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara. Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan. Cloud hosting menjelaskan metode mengkonfigurasi server dalam cara yang fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur, dan dapat diandalkan dalam infrastruktur web.

Virtual Private Server(VPS)

VPS atau Virtual Private Server merupakan server fisik yang bagi menjadi server virtual dan difungsi menjadi server tersendiri. VPS hosting dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Ini memberikan klien dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia.  Pengguna VPS akan memiliki akses penuh ke VPS-nya masing-masing dan dapat melakukan pengaturan VPS-nya sendiri.

Dedicated Server

Dedicate Server Sebuah server fisik yang digunakan sendiri, sehingga Pengguna bisa menginstall sistem operasi dan Control panel serta melakukan pengaturan-pengaturan secara penuh terhadap server tersebut. Selain itu pengguna juga memiliki root akses penuh terhadap server.

Jika diibaratkan, Dedicated Server adalah sebuah rumah pribvadi yang bebas ingin di desain seperti apa untuk memudahkan pemilik rumah dalam dalam melakukan aktifitasnya.

Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress.

Seperti yang kita semua tahu bahwa WordPress adalah platform website terpopuler dan menguasai semua jenis platform yang ada saat ini, dengan mengetahui hal tersebut banyak penyedia layanan hosting membangun server mereka khusus untuk pengguna WordPress.

Demikian pembahasan tentang Web Hosting. Semoga bermanfaat.

#RAS

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*